Loading...
Jumat, 18 November 2011

Apa itu tenologi pendidikan?


Sebelum itu kita harus paham terlebih dahulu mengenai apa itu teknologi. Teknologi tercipta dikarenakan semakin majunya pemikiran manusia. Dengan semakin majunya pemikiran manusia tersebut maka terciptalah teknologi yang mempermudah berbagai kegiatan manusia. Semakin maju teknologi itu menyebabkan dunia juga semakin maju.

Pendidikan adalah bagian dari kehidupan manusia. Karena disebabkan pendidikan adalah bagian dari kehidupan manusia maka secara otomatis hal yang berhubungan dengan pendidikan akan mendapat sentuhan teknologi. Teknologi akan mempermudah peserta didik memahami dan menguasai materi pembelajaran yang diberikan. Contoh penerapan teknologi didalam pendidikan seperti penggunaan PC atau laptop. Alat tersebut dapat digunakan oleh guru atau dosen dalam menjelaskan materi yang disampaikan. Bagi murid, PC atau laptop digunakan untuk mengerjakan tugas seperti makalah dan sejenisnya. Dengan adanya teknologi maka akan menghasilkan peserta didik yang berfikir secara maju. Dengan adanya teknologi maka semuanya akan terasa lebih efektif dan efisien. Hemat dalam penggunaan waktu dan tenaga juga terasa lebih simple. Coba bayangkan jika saat ini kita masih menggunakan mesin ketik. Butuh berjam-jam lamanya mungkin untuk mengerjakan satu tugas.

Dari dulu sampai sekarang yang saya amati telah banyak perubahan dalam dunia pendidikan yang dikarenakan adanya camur tanganteknologi. Dulu ketika saya SD, guru menerangkan materi di papan tulis dengan kapur. Sekarang sudah menggunakan spidol. Lalu ketika SMP, dikenalkan dengan yang namanya perangkat komputer. Di SMA, saya sudah menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas yang diberikan guru. Lalu setelah di PT, kemudahan semakin terasa ketika dalam proses input KRS bisa dilakukan dimana saja dengan adanya layanan internet.

Pendefinisian teknologi pendidikan dulu dapat diartikan dengan penggunaan komputer, laptop, LCD, OHP dalam pembelajaran. Sekarang pendefinisiannya dapat menjadi media, proses, pengembangan dan evaluasi
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP