Berdasarkan
definisi AECT* 2004, Teknologi Pendidikan adalah “Educational
technology is the study and ethical practice of facilitating learning and
improving performance by creating, using, and managing appropriate
technological processes and resources”. (Teknologi Pembelajaran adalah studi
dan etika praktek untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja
melalui penciptaan, penggunaan, dan pengaturan proses dan sumber daya teknologi).
Berdasarkan
definisi 1994, Teknologi Pembelajaran adalah “Teori
dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian
proses dan sumber untuk belajar.
Perbedaan antara kedua definisi ini adalah :
Definisi 1994
|
Definisi 2004
|
1. Menekankan pada teori dan praktek
|
Menekankan pada Studi dan etika praktek
|
2. Pokok kegiatan adalah desain, pengembangan dan pengaturan.
|
Penciptaan, penggunaan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian
|
3. Tujuan untuk keperluan belajar
|
Tujuan memfasilitasi pembelajaran
|
4. proses & sumber belajar
|
proses & sumber daya teknologi
|
Secara singkat dapat dikatakan bahwa definisi
2004 sudah mencakup aspek etika dalam profesi , peran sebagai fasilitator, dan
pemanfaatan proses dan sumber daya teknologi.
* AECT= asosiasi teknologi komunikasi dan
teknologi bidang pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar