Loading...
Jumat, 18 November 2011

SOLUSI MASALAH PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN


Penyelenggaraan pendidikan sudah pasti mendapati permasalahan dalam penyelenggaaannya. Solusi yang diberikan bisa berupa sistemik, teknis, manajemen, dan sebagainya.

Sistem pendidikan sangat berkaitan dengan sistem ekonomi. Sistem ekonomi kapitalisme di Indonesia yang berprinsip meminimalkan peran dan tanggungjawab negara dalam urusan publik, termasuk pendanaan pendidikan harus dirubah. Seakan-akan negara tidak terlalu mempedulikan masalah pendidikan.

Solusi teknis menyangkut hal-hal teknis yang berkaitan dengan pendidikan:
1. Peningkatan kesejahteraan guru, dapat dilakukan dengan menaikkan gaji guru atau menanbah tunjangan.
2. Beasiswa pendidikan lanjut guru, sehingga guru semakin dapat menaikkan kompetensinya.
3. membenahi fasilitas pembelajaran
4. dll.

Penerapan teknologi dalam pendidikan dalam hal perluasan akses dan peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan penerapan prosedur pengembangan kurikulum KTSP, menyediakan e-book, memanfaatkan berbagai jenis media yang dapat mendukung pembelajaran, perlu dikembangkan pemakian ICT dalam pendidikan baik itu dari segi mata pelajaran maupun dalam bentuk fasilitas.

Selain itu guru dan siswa; terutama guru, ditingkatkan kualitas SDMnya. Mungkin diberi pelatihan, kursus, praktek langsung, dan sebagainya. Dan yang paling penting tentunya penyediaan perangkat (hardware maupun software). Jika perangkatnya disediakan maka akan semakin cepat, mudah, dan efektif dalam penguasaan teknologi itu sendiri. Identifikasi kriteria perangkat keras ICT yang sesuai dengan kebutuhan sekolah juga meneliti rasio yang paling efektif tentang jumlah perangkat keras dan lunak dengan jumlah guru dan siswa sangat diperlukan.



1 komentar:

 
TOP